Monday 12 September 2011

DARAH TINGGI

Penyakit darah tinggi atau yang biasa dikenal sebagai penyakit Hipertensi adalah suatu penyakit dimana seorang penderitanya mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal ( tekanan darah tinggi ). Kondisi ini dapat ditunjukkan pada saat seseorang melakukan pemeriksaan darah dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah dengan memperhatikan angka bahagian atas (systolic) dan angka bawah (diastolic) namun secara umum nilai normal tekanan darah seseorang adalah 120/80 mmHG.


Penyakit darah tinggi / Hipertensi merupakan salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung dan masalah ginjal, untuk itu sangatlah perlu bagi kita untuk mengetahui hal-hal apa saja yang merupakan penyebab hipertensi dan apa saja gejala hipertensi agar kita dapat mengambil langkah awal karana bagaimanapun juga penyakit ini sangat perkaitan erat dengan organ penting seperti jantung dan juga pembuluh darah.
Bila seseorang mengalami tekanan darah tinggi dan tidak mendapatkan pengubatan dan kawalan secara teratur (rutin), maka hal ini dapat membawa si penderita kedalam penyakit-penyakit serius bahkan boleh menyebabkan kematian. Tekanan darah tinggi yang terus menerus menyebabkan jantung seseorang bekerja keras, akhirnya keadaan ini menyebabakan kerosakan pada pembuluh darah jantung, ginjal, otak dan mata. Penyakit hypertensi ini merupakan penyebab umum terjadinya stroke dan serangan jantung (Heart attack).

GEJALA HIPERTENSI 

Tanda dan gejala darah tinggi ?
Sebagian penderita hipertensi tidak menimbulkan gejala, meskipun secara tidak sengaja beberapa gejala dapat terjadi secara bersamaan dan dipercaya berhubungan dengan tekanan darah tinggi ( hipertensi ) namun boleh saja bukan merupakan gejala hipertensi. Dalam hal ini gejala yang dimaksud seperti sakit kepala, pendarahan dari hidung (mimisan), pusing, wajah kemerahan dan  kelelahan.

Gejala diatas adalah gejala umum tapi tidak dapat dijadikan sebagai penyebab bahawa seseorang yang mengalami gejala tersebut menderita penyakit darah tinggi  karena kenyataannya gejala yang telah disebutkan tadi juga dapat dialami pada seseorang yang memilik tekanan darah normal. Sebagian besar penderita hipertensi tidak merasakan gejala kenaikan tekanan darah karena memang sifat tekanan darah itu sentiasa berubah-ubah dari jam ke jam.

Pada orang normal, darah yang normal adalah  sekitar 120/80 mm Hg.

Pada penderita hipertensi yang berkategori berat , menahun dan belum menjalani pengobatan dan perawatan maka bisa timbul gejala sebagai berikut. Diantaranya sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, sesak nafas dan gelisah. selain itu gejala lainnya adalah pandangan mata menjadi kabur karena adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal. Terkadang penderita hipertensi berat mengalami penurunan kesadaran dan bahkan koma karena terjadi pembengkakan otak. Keadaan ini disebut ensefalopati hipertensi yang memerlukan penanganan segera

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...